Jalur Pendakian Gunung Raung

Gunung Raung merupakan gunung berapi aktif yang berada di kompleks Pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi di kompleks Ijen. Gunung Raung menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan menjadi puncak tertinggi keempat di pulau Jawa. Puncak Raung ada 4, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan titik tertinggi Puncak Sejati (3.344 mdpl).

Secara administratif, Gunung Raung berada di 3 kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso dan Jember.  Gunung ini memiliki kaldera kering terbesar di pulau Jawa dan menjadi kaldera terbesar kedua setelah Tambora di Indonesia.

Pendakian Gunung Raung bisa dilakukan dengan melalui 4 jalur. Jalur-jalur tersebut di antaranya jalur Sumber Wringin, jalur Kalibaru, jalur Glenmore dan jalur Jambewang. Kali ini yang akan kita bahas adalah jalur Sumber Wringin dan Kalibaru karena kedua jalur tersebut yang paling populer dan lebih aman dari jalur lainnya. Sedangkan jalur Glenmore dan jalur Jambewangi tidak direkomendasikan, terutama untuk pemula. Jalur Glenmore telah banyak memakan korban, sulit air, lebih ekstrem, dan sangat jarang yang mendaki via jalur ini. Jalur Jambewangi memerlukan waktu sampai 1 minggu pendakian. Harus menggunakan jasa pemandu gunung yang pernah melalui jalur tersebut jika ingin tetap melewatinya.

Jalur Sumber Wringin

Perjalanan dimulai dari basecamp di Desa Sumber Wringin menuju Pos 1 Pondok Motor. Jalurnya cukup lebar untuk dilalui kendaraan mobil. Jika menggunakan kendaraan hanya memakan waktu 45 menit sampai 1 jam. Jika berjalan kaki bisa memakan waktu 3 jam.

gunung raung

Jalur Gunung Raung Foto: ( pecinta-alam.com )

Perjalanan dari Pos 1 sampai Pos 2 Pondok Sumur melewati ladang, kebun kopi, sampai hutan rimba dengan jalur menanjak. Waktu yang ditempuh 4-5 jam.

Dari Pos 2 menuju Pos 3 Pondok Tonyok memakan waktu 2 jam.

Pos 3 menuju Pos 4 Pondok Demit 1 jam. Lokasinya tidak terlalu luas, hanya cukup sampai 2 tenda.

Pos 4 menuju Pos 5 Pondok Mayit 1 jam. Di sini lokasinya datar dan cukup luas, cocok untuk bermalam.

Pos 5 menuju Pos 6 Pondok Angin 1 jam. Pepohonan mulai jarang, vegetasi mulai berganti.

Dari Pos 6 pendakian menuju Memoriam Deden Hidayat kemudian ke Puncak Raung selama 1-2 jam. Jalur menuju puncak inilah yang menjadi jalur mengerikan karena kiri dan kanan jurang curam. Perlu didamping orang yang sudah ahli.

Jalur Kalibaru

Jalur Kalibaru berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jalur ini dianggap sebagai jalur ektrem. Setelah melakukan perizinan di rumah Pak Soeta, pendakian dimulai dengan menggunakan ojek ke Pos 1.

gunung raung

Jalur Gunung Raung Foto: ( idrus.co )

Pos 1 menuju Pos 2 Semar memakan waktu 4 jam. Perjalanan melewati semak dan hutan.

Pos 2 menuju Camp 3 selama 1 jam. Jalur mulai menanjak dan terjal. Mulailah berhati-hati.

Camp 3 menuju Camp 4 selama 2 jam. Awalnya jalur landai, kemudian lebih terjal dari sebelumnya.

Camp 4 menuju Camp 5 selama 1 jam. Pos ini cukup dekat, namun jalurnya lebih sulit.

Camp 5 menuju Camp 6 (Pos 3 Petruk) hanya 30 menit. Melewati 3 pundak terjal.

Camp 6 menuju Camp 7 selama 45 menit. Harus waspada, jalur semakin ekstrem.

Camp 7 menuju Camp 8 selama 2 jam. Jalur climbing, ransel dan perlengkapan besar sebaiknya tidak dibawa.

Camp 8 menuju Camp 9 (Pos 4 Bagong) selama 1 jam.

Camp 9 menuju Puncak Bendera (Puncak Kalibaru) 10-15 menit. Jalur selanjutnya akan sangat sulit dan ektrem. Persiapkan alat, kemampuan dan mental.

Puncak Bendera ke Puncak 17, lanjut ke Puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati akan memakan waktu yang tidak terduga karena medan bebatuan tebing dan jurang membutuhkan kemampun instalasi tim. Bisa 1-2 jam, bahkan lebih.

GET THE BEST DEALS IN YOUR INBOX

Don't worry we don't spam

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0